Bila merasa manfaat dengan artikel di blog ini, silahkan bagikan (share) di sosmed kaliah. Terimakasih.

Banyak Yang Keliru! Ini Cara Yang Benar Mengompres Pada Orang Yang Demam


Demam adalah salah satu gejala yang sangat umum dari berbagai penyakit. Bahkan, hampir setiap orang pernah mengalami demam. Apalagi ditambah ketika memaski waktu penghujan, hampir dipastikan orang yang demam meningkat. Gejala ini juga sudah diketahui sejak berabad-abad lalu. Maka, tak heran jika penanganan demam pun sudah menjadi tradisi yang diwariskan secara turun-temurun. Mungkin salah satu cara menurunkan demam yang biasa dilakukan oleh keluarga Anda adalah dengan menempelkan kompres pada dahi. Tapi, mana yang lebih baik? Kompres dingin atau hangat?

Kompres dingin lebih sering digunakan oleh banyak orang untuk mengatasi demam tinggi. Diharapkan suhu dingin dari kompres bisa menyerap panas dari tubuh sehingga demam lebih cepat turun. Namun, tahukah Anda bahwa kompres dingin bisa jadi malah memperparah demam? Ingat, Anda perlu berhati-hati dalam menangani demam. Penanganan yang keliru bisa berakibat fatal. Jadi penting bagi Anda untuk menyimak baik-baik informasi seputar kompres demam di bawah ini. 

Mengapa tubuh bisa demam?

Demam ditandai dengan suhu tubuh yang meningkat, badan menggigil atau berkeringat, lemas, sakit kepala, dan nyeri otot. Pada bayi dan anak-anak, demam biasanya muncul saat suhu tubuh lebih dari 37 derajat Celsius. Sementara itu, orang dewasa akan terserang demam ketika suhu tubuh mencapai kira-kira 38 sampai 39 derajat Celsius.

Anda akan demam jika ada infeksi dalam tubuh yang disebabkan oleh virus atau bakteri. Biasanya virus dan bakteri akan berkembang biak dengan sangat pesat dalam tubuh pada suhu 37 derajat Celsius. Untuk mempertahankan diri dan mencegah perkembang biakan virus dan bakteri ini, suhu tubuh pun akan meningkat. Maka, demam merupakan pertanda bahwa tubuh sedang melawan infeksi. 

Umumnya, penyakit yang menyebabkan muncul demam adalah flu, radang tenggorokan, sinusitis, radang paru, tuberkulosis, dan infeksi saluran kencing. Beberapa penyakit berbahaya lain yang bisa mengakibatkan demam adalah demam berdarah, malaria, radang selaput otak (meningitis), dan HIV. Demam juga bisa muncul ketika anak habis menjalani imunisasi atau giginya mau tumbuh. Maka, jika Anda atau anak Anda mengalami demam, sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk mencari tahu sumber penyakitnya sehingga bisa ditangani dengan baik.

Sebaiknya kompres dingin atau hangat?

Hati-hati kalau ingin memberikan kompres penurun demam. Biasanya jika Anda atau anak Anda demam, Anda akan dikompres dengan es batu yang dibungkus kain atau dengan kain yang sudah dicelupkan dalam air dingin. Ternyata, cara tradisional ini merupakan cara yang salah untuk menurunkan demam. Dokter dan tenaga kesehatan di seluruh dunia tidak menganjurkan Anda untuk memberikan kompres dingin pada orang yang sedang demam. Kompres dingin biasanya manjur untuk meredakan nyeri otot, bukan untuk menurunkan demam.

Saat Anda demam, tubuh jadi panas karena memang hal tersebut merupakan reaksi alamiah yang diperlukan oleh tubuh Anda dalam mempertahankan diri. Jika Anda menempelkan kompres dingin, tubuh justru akan menerjemahkannya sebagai ancaman terhadap proses melawan infeksi. Akibatnya, tubuh akan semakin meningkatkan suhunya dan demam pun jadi semakin parah. Selain itu, kompres dingin juga berisiko menurunkan suhu tubuh secara tiba-tiba. Hal ini akan memicu badan jadi menggigil. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menghindari kompres dingin saat demam, apalagi mandi air dingin. 

Jika demam yang menyerang sudah cukup tinggi dan Anda jadi sulit tidur atau merasa sangat tidak nyaman, sebaiknya bantulah dengan kompres hangat. Namun, pastikan bahwa suhunya tidak terlalu panas. Kain yang dibasahi dengan air suam-suam kuku sudah cukup untuk membantu mengendalikan demam. Kompres hangat memicu produksi keringat sehingga suhu tubuh akan menurun secara alamiah dari dalam. Selain itu, kompres hangat mampu membantu melancarkan aliran darah dan membuat Anda lebih nyaman.

Cara lain untuk menurunkan demam

Perlu diingat bahwa kompres dingin atau hangat bukanlah metode yang dianjurkan dokter untuk menurunkan demam. Kompres hanya akan membantu Anda merasa lebih nyaman ketika demam menyerang. Cara terbaik untuk menurunkan demam yaitu mengobati penyakit yang menjadi penyebab demam. Maka, Anda sebaiknya selalu berkonsultasi pada dokter jika Anda atau anak Anda diserang demam. Setelah itu, ikuti saran dokter dan minumlah obat-obatan yang diresepkan dokter Anda.

Beberapa trik lain untuk membantu Anda merasa lebih baik saat demam adalah banyak minum air putih, menjaga suhu ruangan agar tidak terlalu panas atau dingin, dan makan yang cukup. Selain itu, jangan mengenakan pakaian atau selimut yang terlalu tebal. Kenakan satu lapis pakaian saja yang tipis dan mampu menyerap keringat. Jika Anda menyelimuti diri dengan kain tebal, panas tubuh justru akan semakin terperangkap di dalam sehingga demam pun tak kunjung reda.

Kesimpulan

  • Batas suhu maksimal pada bayi dan anak-anak adalah 37 derajat Celsius sedangkan untuk orang dewasa antara 38 atau 39 derajat Celsisus.
  • Ketika demam tinggi jangan mengompres dengan air dingin tapi hal yang dianjurkan adalah mengompres dengan air hangat dan jangan terlalu panas. 
  • Mengompres memang bukan cara yang efektif untuk menyembuhkan dari demam, karena pada dasarnya demam adalah reaksi alami untuk bertahan melawan bakteri / virus yang menyerang tubuh kita. Jadi akan lebih efektif apabila kita menghilangkan virus tersebut dengan cara berkontasi ke dokter. 
Next
This Is The Current Newest Page

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon