Bila merasa manfaat dengan artikel di blog ini, silahkan bagikan (share) di sosmed kaliah. Terimakasih.

Dzikir dan Do'a Setelah Sholat Jum'at (Bahasa Arab, Latin dan Artinya)

Pada kesempatan kali ini dan kebetulan hari jum'at, admin akan mencoba membagikan tentang bacaan dzikir dan doa setelah sholat jumat lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Dzikir dan doa ini hendaknya dibaca ketika kita selesai mengerjakan ibadah shalat jumat. 

Dihari jumat kita umat islam diwajibkan untuk melaksanakan ibadah sholat jumat sebagai pengganti sholat duhur bagi yang laki laki. sebagaimana ibadah sholat fardhu lainnya, maka kita disunnahkan dan sangat dianjurkan untuk berdzikir, membaca wirid dan berdoa sesudah melakukan shalat jumat. 


Manfaat berdoa dan berdzikir setelah sholat jumat ini sangat luar biasa, apalagi hari jum'at merupakan salah satu hari yang mulia dan istimewa dalam islam. sehingga apa yang menjadi hajat-hajat kita akan terkabul jika berdoa pada hari jumat. 

Pada artikel kali ini akan kita share doanya sesuai petunjuk para ulama salaf berdasarkan hadist hadits Nabi Muhammad SAW. 

Bacaan Dzikir dan Doa Setelah Sholat Jumat : 

Sebagaimana dikutip dari kitab Al-Adzkar An-Nawawi karya Imam Nawawi, 

وروينا في كتاب ابن السني عن عائشة رضي الله عنها ، قالت : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : " من قرأ بعد صلاة الجمعة : قل هو الله أحد ، وقل أعوذ برب الفلق ،وقل أعوذ برب الناس ، سبع مرات ، أعاذه الله عز وجل بها من السوء إلى الجمعة الأخرى 

Artinya : "Dari Aisyah Radhiyallahu ‘Anha berkata, Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa yang membaca (setelah shalat Jum’at) surat Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Nas sebanyak tujuh kali, Allah akan mengindarkannya dari keburukan (kejahatan) sampai Jum’at berikutnya."

Tata cara pelaksanaannya adalah setelah selesai salam shalat Jumat dan sebelum mengubah posisi duduk kita dan sebelum bicara, maka langsung membaca surat Al Fatihah 7x, Surat Al-Ikhlas 7x, surat Al-Falaq 7x, surat An Nas 7x dan dilanjutkan dengan doa sholat jum'at.

Membaca Surat Al Fatihah 7x 

-بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ  - الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ - الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيم - مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ  إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ - اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ - صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ 

Bismillahirrohmaanirrohiim -  Alhamdulillahirobbil 'alamiin - Arrohmaanirrohiim - Maaliki yaumiddin - Iyyaka na'budu wa iyyaka nasta'iin - Ihdinashirotol mustaqim - Shirotolladzina an'amna 'alaihim ghoiril maghdubi 'alaihim waladhoolliin. 

Artinya : "Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. - Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. - Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. - Yang menguasai di hari Pembalasan. - Hanya Engkaulah yang Kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah Kami meminta pertolongan. - Tunjukilah Kami jalan yang lurus. - (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat."

Membaca Surat Al Ikhlas 7x 

 قُلْ هُوَ ٱللَّهُ أَحَدٌ - ٱللَّهُ ٱلصَّمَدُ - لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ - وَلَمْ يَكُن لَّهُۥ كُفُوًا أَحَدٌۢ  

Qulhuwallohu ahad - Allohushomad - Lam yalid walam yuulad - Walam yakullahu kufuwan ahad

Artinya : "Katakanlah: Dia-lah Allah, Yang Maha Esa - Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. - Dialah (Allah) tiada beranak dan tidak pula diperanakkan. - Dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia (Allah)"

Membaca Surat Al Falaq 7x 

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ - مِن شَرِّ مَا خَلَقَ - وَمِن شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ - وَمِن شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ - وَمِن شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ  

Qul a'udzu birobbil falaq - Mingsarri maa kholaq - Wamingsarri ghosiqin idza waqob - Wa mingsarrinnaffaatsaati fil 'uqod - Wa mingsarri hasidin idza hasad

Artinya : "Katakanlah: "Aku berlindung kepada Tuhan Yang Menguasai subuh - Dari kejahatan makhluk-Nya - Dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita - Dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul - Dan dari kejahatan orang yang dengki apabila ia dengki".

Membaca Surat An Nas 7x 

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ - مَلِكِ النَّاسِ - إِلَهِ النَّاسِ - مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ - الَّذِي يُوَسْوِسُ فِي صُدُورِ النَّاسِ - مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ 

Qul a'udzubirobbinnaas - Malikinnas - Ilaahinnaas - Mingsyarrilwaswasil khonnaas - Alladzii yuwaswisufii shuduurinnaas - Minal jinnati wannaas

Artinya : "Katakanlah: "Aku berlindung kepada Tuhan (yang memelihara dan menguasai) manusia. - Raja manusia. - Sembahan manusia. - Dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi - Yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia. - Dari (golongan) jin dan manusia"

Terakhir, membaca doa berikut ini :  


Allaahumma yaa ghaniyyu yaa hamiid yaa mubdi'u yaa mu'iid, yaa rahiimu yaa waduud, aghninii bihalaalika 'an haraamik. Wa bithaa'atika 'an ma'shiyatik wa bifadhlika 'amman siwaak.

Artinya : "Wahai Allah! Yang Maha kaya, Yang Maha Terpuji, Yang Maha Mengadakan, Yang Maha Mengembalikan, Yang Maha Pengasih, Yang Maha Mengasihi. Berikanlah aku kekayaan dengan barang-Muyang halal, jauh dari barang yang haram, dan dengan berbuat taat kepada-Mu, jauh dari berbuat maksiat, dan dengan anugerah-Mu, jauh dari (meminta) kepada selain-Mu"

Sekian mengenai dzikir dan doa setelah sholat jumat lengkap bahasa arab, latin dan artinya. bacaan diatas adalah bacaan terbaik yang paling afdhol dilakukan setelah mengerjakan sholat jumat sesuai petunjuk para ulama salafunasholih. wirid yang dibaca juga merupakan surat surat pendek yang sudah tentu umat islam hafal diluar kepala, sehingga tidak ada alasan lagi kita tidak membacanya mengingat keutamaan dan manfaat kita memacanya sangat besar dan tak terhitung. semoga kita istiqomah mengamalkannya seusai mengerjakan ibadah sholat jumat. 

Allohumma aamiin.
Semoga bermanfaat. 

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon