Bila merasa manfaat dengan artikel di blog ini, silahkan bagikan (share) di sosmed kaliah. Terimakasih.

Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri Dari Bahan Alami


Wabah virus corona yang penyebarannya kian meluas membuat hand sanitizer banyak dicari. Meskipun lebih baik tetap mencuci tangan dengan sabun, tetap saja banyak masyarakat Indonesia yang mencari hand sanitizer. Pasalnya, hand sanitizer menjadi alternatif praktis awal untuk membantu membunuh virus yang mungkin terpapar di tangan sebelum bisa mencuci tangan dengan sabun.

Namun kamu perlu berhati-hati, karena penggunaan hand sanitizer dengan kadar alkohol tinggi yang berlebihan bisa berisiko pada kesehatan kulitmu. Oleh karena itu, coba bikin hand sanitizer sendiri saja, yuk! Berikut pilihan hand sanitizer dari bahan alami yang bisa kamu buat sendiri di rumah.

1. Hand Sanitizer dari Bahan Alami dengan Lidah Buaya dan Minyak Esensial

Cara membuat hand sanitizer dari bahan alami ini adalah dengan mencampurkan kandungan lidah buaya ke dalam alkohol. Pastikan kandungan alkohol yang kamu gunakan lebih dari 60% ya kadarnya, agar efektif membunuh kuman di tangan.

Kandungan lidah buaya berguna untuk menjaga agar kulit kamu tidak kering. Tambahkan beberapa tetes minyak esensial favoritmu agar hand sanitizer lebih wangi.

2. Hand Sanitizer dari Bahan Alami dengan Lemon

Jika kamu tidak mau menggunakan alkohol, kamu bisa menggantikannya dengan air perasan lemon campur sedikit air. Hand sanitizer dari bahan alami ini tak hanya ampuh membersihkan tangan, melainkan kandungan lemon di dalamnya juga bisa membuat kulit menjadi lebih cerah.

3. Hand Sanitizer dari Bahan Alami dengan Daun Sirih dan Kulit Rambutan

Cara membuat hand sanitizer dari bahan alami ini cukup mudah. Siapkan daun sirih dan kulit rambutan yang kemudian direbus masing-masing untuk mendapatkan ekstraknya. Daun sirih bersifat sebagai antiseptik dan kulit rambutan bersifat sebagai antioksidan.

Kulit rambutan juga bisa diganti dengan kulit manggis karena memiliki khasiat yang sama. Setelah itu, campurkan keduanya ke dalam botol spray sesuai selera dengan perbandingan sama rata. Tambahkan beberapa tetes minyak zaitun agar kulit tetap terasa lembut.

4. Hand Sanitizer dari Bahan Alami dengan Daun Kemangi dan Lidah Buaya

Hand sanitizer dari bahan alami berikutnya yang bisa kamu buat sendiri dengan mudah di rumah adalah dengan daun kemangi dan lidah buaya. Daun kemangi bersifat sebagai antiseptik dan lidah buaya bersifat antioksidan.

Kupas lidah buaya dan haluskan bersama daun kemangi dengan menggunakan blender. Saring bahan tersebut untuk mendapatkan ekstraknya. Kemudian, larutkan daun jeruk bubuk ke dalam sedikit air sebagai pewangi lalu campurkan ke ekstrak daun kemangi dan lidah buaya. Hand sanitizer dari bahan alami ini pun siap digunakan.

Semoga bermanfaat. 

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon