Bila merasa manfaat dengan artikel di blog ini, silahkan bagikan (share) di sosmed kaliah. Terimakasih.

Beberapa Mitos Mengerikan Gerhana Bulan Total Dari Penjuru Dunia

Gerhana bulan total atau super blue blood bakal terjadi di Indonesia dan beberapa negara di dunia.  Gerhana bulan total bakal jatuh pada Rabu, 31 Januari 2018 atau bertepatan tanggal 14 Jumadil Ula 1439 H.

Waktu Gerhana 

Gerhana bulan akan berlangsung pukul : 

Awal kontak gerhana          : 18:48 WIB
Mulai gerhana total            : 19:51 WIB
Pertengahan gerhana total  : 20:29 WIB
Akhir gerhana total            : 21:07 WIB
Akhir gerhana                    : 22:11 WIB

WITA + 1 Jam
WIT   + 2 Jam

Durasi gerhana bulan : 

Gerhana total                    : 1 Jam 16 Menit
Gerhana sebagian & total : 3 Jam 22 Menit

Peristiwa gerhana bulan total itu terbilang sangat spesial karena gerhana terjadi saat bulan berada dalam konfigurasi supermoon dan bluemoon. Terlebih kejadian ini terkahir kali muncul pada 31 Maret 1866 atau 152 tahun yang lalu.

Menurut BMKG, gernaha bulan yang akan terjadi pada akhir bulan Januari tahun 2018 ini tidak berbahaya sehingga untuk melihat gerhananya bisa menggunakan mata telanjang ataupun menggunakan alat seperti teleskop atau binokuler. 

Meskipun gerhana bulan merupakan fenomena alam langka, tapi masih banyak orang yang mengaitkannya dengan hal-hal mistis. Contohnya seperti mitos gerhana bulan total berikut ini : 

1. Kemarahan Tuhan

Bangsa Yunani Kuno memercayai jika datangnya gerhana bulan merupakan tanda jika Tuhan sedang marah dan awal dari sebuah bencana besar.
Kata gerhana (eclipse) sendiri berasal dari bahasa Yunani Kuno “ekleipsis” yang memiliki arti ditinggalkan.


2. Bulan sedang Terluka

Beda lagi dengan yang dipercaya oleh suku Hupa di bagian utara California. Gerhana bulan disebut sebagai tanda jika bulan sedang terluka. Suku Hupa meyakini kalau bulan memiliki 20 istri dan banyak hewan peliharaan buas seperti singa dan ular.

Konon ketika bulan telat memberi makan hewan peliharaannya, mereka akan menyerang bulan hingga membuatnya berdarah. Kemudian, para istri menolong bulan dan melindungi dari serangan hewan peliharaannya.

3. Bulan Dimakan Naga

Mitos bulan dimakan juga bukan hanya dipercayai oleh suku Jawa. Masyarakat Cina meyakini ketika gerhana bulan total terjadi, disebabkan oleh seekor naga yang marah dan memakan bulan.

Lalu para warga akan menyalakan petasan untuk mengusir naga tersebut.

4. Makanan Terpapar Racun

Masyarakat Jepang dulu juga percaya tentang mitos gerhana bulan total. Sewaktu terjadi gerhana bulan total, ada racun yang disebarkan ke bumi. Makanya mereka menutup sumur-sumur atau sumber air lain supaya tidak terkontaminasi racun.

Masyarakat India juga meyakini jika gerhana bulan akan mendatangkan serangan racun mematikan. Makanya beberapa orang menolak untuk masak di saat gerhana bulan.

Itulah mitos mitos tentang gerhana bulan total, apakah kamu mempercanyainya? 

You might also like

1 Comments:

The best place to play slots - JSHub
A review of 바카라 게임 the best 서귀포 출장마사지 online slots sites. Find 밀양 출장마사지 out what to choose from online slots 전주 출장안마 for 대전광역 출장마사지 fun or for real money. Try our unbiased list to decide


EmoticonEmoticon