Bila merasa manfaat dengan artikel di blog ini, silahkan bagikan (share) di sosmed kaliah. Terimakasih.

Inilah Ciri Dari Rumah Yang Tidak Dimasuki Malaikat

Rumah merupakan tempat berlindung keluarga, banyak sekali aktifitas yang dilakukan di rumah sehingga kondisi yang baik dan keberkahan rumah tersebut adalah mutlak bagi setiap rumah sehingga aktifitas yang dilakukan di rumah bisa berjalan dengan lancar. 

Selain aktifitas yang lancar, kondisi rumah yang baik dan rumah yang berkah mampu menciptakan orang yang di dalamnya (keluarga) menjadi sakinah, mawadah dan warohmah (SAMAWA). Kondisi keluarga yang samawa tersebut merupakan impian setiap keluarga muslim yang ada di dunia.


Ciri dari rumah yang memiliki kondisi yang baik dan berkah adalah yang dimasuki malaikat. Dan kebalikannnya, rumah yang tidak dimasuki malaikat adalah rumah yang memiliki kondisi tidak baik dan tidak berkah. Rasulullah menjelaskan dalam banyak hadits tentang rumah-rumah tertentu yang tidak akan dimasuki Malaikat Rahmat. 

BACA JUGA :

Di antaranya adalah hadits-hadits berikut ini:

سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ لَا تَدْخُلُ الْمَلَائِكَةُ بَيْتًا فِيهِ كَلْبٌ وَلَا صُورَةُ تَمَاثِيلَ

Aku (Abu Thalhah) mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Malaikat (rahmat) tidak akan masuk ke dalam rumah yang di dalamnya ada anjing dan (atau) gambar patung” (HR. Bukhari)

عَنْ أَبِي طَلْحَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَا تَدْخُلُ الْمَلَائِكَةُ بَيْتًا فِيهِ كَلْبٌ وَلَا صُورَةٌ

Dari Abu Thalhah dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam beliau bersabda: “Sesungguhnya malaikat (rahmat) tidak akan memasuki rumah yang di dalamnya ada anjing dan gambar” (HR. Muslim)

عَنْ عَلِيِّ بْنِ أَبِي طَالِبٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الْمَلَائِكَةُ لَا تَدْخُلُ بَيْتًا فِيهِ صُورَةٌ وَلَا كَلْبٌ وَلَا جُنُبٌ

Dari Ali bin Abu Thalib dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam beliau bersabda: “Malaikat (rahmat) tidak masuk rumah yang padanya terdapat gambar dan anjing serta orang yang junub” (HR. An Nasa’i, dishahihkan Al Albani)

عَنْ عَلِيِّ بْنِ أَبِي طَالِبٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِنَّ الْمَلَائِكَةَ لَا تَدْخُلُ بَيْتًا فِيهِ كَلْبٌ وَلَا صُورَةٌ

Dari Ali bin Abu Thalib dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda: “Sesungguhnya Malaikat tidak akan masuk ke dalam rumah yang di dalamnya terdapat anjing dan gambar” (HR. Ibnu Majah, dishahihkan Al Albani)

Berdasarkan hadits-hadits tersebut, rumah yang tidak dimasuki oleh malaikat yaitu:

  1. Rumah yang di dalamnya ada gambar/lukisan makhluk bernyawa
  2. Rumah yang di dalamnya ada anjing.
  3. Rumah yang penghuninya junub alias biasa tidak mandi/bersuci dari junub.
  4. Rumah yang di dalamnya ada patung.


Semoga dengan kita mengetahui dari ciri rumah yang tidak dimasuki malaikat, kita bisa terhidar dari perbuatan-perbuatan tersebut. 

Aamiin yaa robbal 'alamiin.
Wallohu a'lam bishowab.

Semoga bermanfaat. 

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon