Bila merasa manfaat dengan artikel di blog ini, silahkan bagikan (share) di sosmed kaliah. Terimakasih.

Cara Mudah Cek Artikel yang Sudah Terindex Google

Cek artikel yang sudah terindex Google adalah suatu keharusan apabila agan dalam keraguan dan ingin artikel yang kita posting muncul di mesin pencarian atau search engine Google. 

Karena ketika artikel yang kita posting dibaca banyak orang, bermanfaatnya artikel yang kita buat adalah salah satu kebahagian bagi penulis blog. Untuk hal tersebut setelah kita membuat artikel pada blog, sebaiknya kita mengecek hasil postingan kita, agar tidak sia-sia karena ternyata tidak terindex oleh google, apabila terjadi seperti itu maka tidak bisa dibaca oleh pencari artikel.

Pengalaman pribadi, ketika bergelut di dunia bloging yang susah itu adalah ketika membuat artikel yang seo di bandingkan dengan membuat frame blog itu sendiri. Banyak sekali tutorial di internet tentang membuat website yang mudah di fahami dan mudah di praktekan. Akan tetapi ketika ada artikel yang membahas tentang membuat artikel yang bagus (SEO) maka akan disuguhkan dengan banyak tantangan seperti persaingan keyword dll.

Karena membuat artikel yang baik (SEO) itu mempunyai kesulitan tersendiri maka banyak di dunia maya perlombaan membuat artikel yang SEO dan muncul di page one pencarian Google dengan hadiah yang lumayan besar.

Pada kesempatan kali ini, admin akan mencoba berbagi cara untuk mengecek apakah postingan sudah terindex oleh google atau belum. Ada beberapa opsi yang dapat penulis sampaikan yaitu opsi mengecek satu artikel dan mengecek keseluruhan hasil postingan yang terindex oleh google. 

Cara mudah cek artikel yang sudah terindex Google 

Cek menggunakan mesin pencarian (Search Engine) Google 

Pertama : 
Meletakan URL blog kita ke mesin pencarian Google, seperti pada gambar ini :

Cek menggunakan URL 

Kedua : 
Dengan mengetikan : Judul Posting ( spasi ) ON ( spasi ) Nama Blog Anda pada mesin penelusur Google

Cek menggunakan judul artikel dan blog

Ketiga : 
Cara mengecek seluruh isi postingan yang sudah terindex oleh Google, dengan cara :
1. Mengetikan perintah pencarian : site:nama_blog_anda.blogspot.com, pada mesin telusur Google. 

Dan apabila Blog kita sudah terindex maka akan di tampilkan seluruh isi postingan blog kita yang sudah terindex oleh Google, seperti contoh di bawah ini : 

Cek Postingan yg terindex Google

Cek menggunakan Webmasters Tools. 

- Cara berikutnya ini mengecek yang sudah terindex Google adalah dengan menggunakan Webmaster Tools, bagi yang belum mendaftarkan website / blognya ke webmaster tools silahkan anda melakukan pendaftaran, berikut cara mengetahui postingan yang sudah terindex google : 

- Silahkan masuk ke akun Google Webmaster Tools anda dan pilih website atau blog yang akan di lihat. 

- Pilih Google Index pada menu dan klik Status Index, dan Webmaster Tools ( Search Console ) akan menampilkan hasil postingan yang terindex ( Lihat Gambar ), jumlah hasil dalam webmaster tools mungkin akan lebih banyak dari postingan , karena google juga mengindex link yang ada pada postingan. 

Status Index 

Selain dengan cara diatas, bisa juga menggunakan tools yang di sediakan oleh northcuut, silahkan klik DISINI untuk mencobanya. 

Demikianlah cara mengecek apakah postingan sudah terindex oleh Google.

Semoga bermanfaat.

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon